ANALISIS KETERLAKSANAAN PERENCANAAN DAN PROSES KEGIATAN PEMBELAJARAN PRAKTIK DI SMK SELAMA PANDEMIC COVID 19

Dina Prasetyowati, Intan Indiati, Azzah Nayla

Abstract

Pandemi Covid-19 adalah krisis kesehatan yang melanda hampir diseluruh penjuru dunia. Pandemi ini berdampak pada berbagai bidang, salah satunya di pendidikan. Pendidikan menengah di SMK menjadi salah satu jenjang yang kesulitan beradaptasi selama pandemic Covid-19. Hal tersebut dikarenakan pelajaran di SMK mengedepankan praktik yang memerlukan peralatan dan perlengkapan yang di Sebagian besar kasus hanya tersedia di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana keterlaksanaan perencanaan dan proses kegiatan pembelajaran praktik di SMK selama pandemic Covid 19 dengan Analisa SWOT. Metode pada penelitian ini adalah kualitatif, dengan analisa menggunakan pendekatan matriks SWOT untuk merumuskan strategi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran praktik di SMK selama pandemic Covid 19. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa SMK di Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner secara online dalam bentuk Google Form dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil analisis SWOT diperoleh empat rumusan alternatif strategi yaitu Strategi Strength-Opportunities(SO), Weaknesses–Opportunities (WO), Strength–Threats (ST), dan Weaknesses–Threat (WT) yang mencakup peningkatan kualitas dari segi metode pembelajaran praktik (pemberian modul, e-learning dan video tutorial), sarana prasarana (kuota internet), SDM (motivasipeserta) dan penyederhanaan kurikulum untuk pelajaran praktikum sehingga berfokus pada praktikum yang esensial dan konstektual. Sehingga dapat disimpulkan bahwa analisis SWOT pada pembelajaran praktikum selama pandemic covid 19 dapat dijadikan sebagai masukan dalam peningkatan kualitas pembelajaran praktikum bagi penyelenggara, peserta didik dan Institusi terkait dalam menunjang keberhasilan pembelajaran praktik di SMK selama pandemic Covid 19.

Full Text:

PDF

References

Djojonegoro, Wardiman. 1998. Pengembangan Sumber Daya Manusia: Melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta: PT. Jayakarta Agung.

Goldschmidt, K., & Msn, P. D. 2020. The COVID-19 pandemic : Technology use to support the wellbeing of children. Journal of Pediatric Nursing, xxxx, 3–5. https://doi.org/10.1016/j.pedn.2020.04.013

Juono, R.F. 2013. Metode Pembelajaran. [Online]. Tersedia: http://juonorp.blogspot.com/2013/05/metode-pembelajaran.html. Diakses 5 Mei 2020.

Moleong, Lexy. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja. Rosdakarya.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. 2020. Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12.

Rangkuti, Freddy. 2013. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Waryanto, N.H. 2016. Online learning sebagai salah satu inovasi pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Matematika, Vol. 2, No.1, Desember 2006: 10-23 diunduh pada http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132304807/

Wilder-Smith, A., & Freedman, D. O. 2020. Isolation, quarantine, social distancing and community containment: pivotal role for old-style public health measures in the novel coronavirus (2019-nCoV) outbreak. Journal of Travel Medicine, 1–4

Refbacks

  • There are currently no refbacks.