Kajian Pembumian Pancasila dan Wawasan Kebangsaan di Kota Semarang Tahun 2023
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arriani F. 2019. “Orang Tua Sebagai Penanam Nilai Pancasila Untuk Anak Usia Dini Di Era Digital,” JECE (Journal Early Child Education), vol. 1, no. 2, pp. 60–68, 2019.
Borgias, F, 2021 “Agama dan Panggilan Mencintai Sesama Sebagai Cara Pembumian Pancasila,” Jurnal Pembumian Pancasila, vol. 1, no. 1, pp. 37–48, 2021.
BPS Kota Semarang. 2023. Jumlah Penduduk Kota Semarang 2020-2022. Diakses pada laman https://semarangkota.bps.go.id/indicator/12/78/1
Darmadi, Hamid. 2014. Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta.
Gustaman, R. F. and E. Nurholis, 2022. “Pembumian Nilai Pancasila: Upaya Pembentukan Good Citizen Bagi Generasi Muda Sebagai Instrumentasi Pendidikan Karakter,” Administrasi Pendidikan Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarja., vol. 10, no. 4, pp. 1–8, 2022.
Santika, E. F. 2023. Kelompok Anak Muda Jadi Pengguna Terbesar TikTok, Usia Berapa Mereka? Diambil dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/27/kelompok-anak-muda-jadi-pengguna-terbesar-tiktok-usia-berapa-mereka
Widi, S. 2023. Pengguna Media Sosial di Indonesia Sebanyak 167 Juta pada 2023. Diambil dari https://dataindonesia.id/internet/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-sebanyak-167-juta-pada-2023
Semarang Kota. 2023. Kota Semarang Jadi Kota Pertama Pelopor Penerapan Buku Pendidikan Pancasila. Diambil dari https://www.semarangkota.go.id/p/4748/kotasemarang_jadi_kota_pertama_pelopor_penerapan_buku_pendidikan_pancasila
Semarang Kota. 2023. Mbak Ita Tekankan Pentingnya Pemantapan Nilai-Nilai Pancasila dan Wawasan Kebangsaan Bagi Generasi Muda. Diambil dari https://semarangkota.go.id/p/4680/mbak_ita_tekankan_pentingnya_pemantapan_nilai-nilai_pancasila_dan_wawasan_k.
Danar, W. 2023. Kodim Semarang Bumikan Pancasila di Kampung-Kampung. Diambil dari https://www.krjogja.com/semarang/1242459400/kodim-semarang-bumikan-pancasila-di-kampung-kampung.
Menuju Sekolah Edu Wisata. 2023. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Untuk Meningkatkan Kerjasama Siswa Dalam Gaya Hidup Berkelanjutan. Diambil dari https://smk10semarang.sch.id/blog/projek-penguatan-profil-pelajar-pancasila-p5-untuk-meningkatkan-kerjasama-siswa-dalam-gaya-hidup-berkelanjutan/.
Redaksi MSCI. 2022. Forum Jateng Gayeng Gelar Seminar Penguatan Ideologi Pancasila. Diambil dari https://suaracaraka.com/forum-jateng-gayeng-gelar-seminar-penguatan-ideologi-pancasila.html.
Jejak Kasus. 2021. FKSB Deklarasikan Tolak Terorisme dan Radikalisme Dialog Kebangsaan Bersama Kesbangpol Kota Semarang. Diambil dari https://jejakkasus.info/fksb-deklarasikan-tolak-terorisme-dan-radikalisme-dialog-kebangsaan-bersama-kesbangpol-kota-semarang/.
Kompasiana. 2023. Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Project Citizen. Diambil dari https://www.kompasiana.com/bagusdarmawan2739/64e7a0974addee4bc7352ff2/project-citizen-sebagai-penguatan-profil-pelajar-pancasila-pada-siswa-smp-n-21-semarang?page=1&page_images=2.
TNI AD. 2022. Kodim 0733/KS Resmikan Rusunawa Kudu Sebagai Kampung Pancasila. Diambil dari https://tniad.mil.id/kodim-0733ks-resmikan-rusunawa-kudu-sebagai-kampung-pancasila/.
Bankom Semarang News. 2023. Songsong Kesaktian Pancasila, FKSB Dan Kesbangpol Kota Semarang Adakan Dialog Kebangsaan. 2021. Diambil dari ttps://bankomsemarangnews.com/2021/09/16/songsong-kesaktian-pancasila-fksb-dan-kesbangpol-kota-semarang-adakan-dialog-kebangsaan/.
Kusmayasi, Y. 2017. Indonesia dan Wawasan Kebangsaan Dengan Karakter Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Galuh Ciamis). Jurnal Agastya, 7(2), 1-19.
Kanumoyoso, Bondan. 2022 “Pelaksanaan Trisakti dalam Pembumian Pancasila,” Jurnal Pembumian Pancasila, vol. 2, no. 2, pp. 68–77.
Kohn, Hans. (1984). Nasionalisme Arti dan Sejarahnya. Jakarta: Erlangga Kusmayadi,
Kurniawan, dkk. 2022. Kajian Implementasi Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan di Kota Semarang. Jurnal Riptek. Volume 16. No 2 (161-169)
Kusmayadi, Yadi. (2017). Hubungan Antara Pemahaman Sejarah Nasional Indonesia dan Wawasan Kebangsaan Dengan Karakter Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Galuh Ciamis). Jurnal Agastya, 7(2), 1-19.
Lapau, Buchari. 2012. Metode Penelitian Kesehatan Metode Ilmiah Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Jakarta: IKAPI.
Marheni, Tri Astuti, (2013). Penghargaan Sosial Semu dan Liminalitas Perempuan Migran. Semarang : Widya Karya.
Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
Nusarastriya, Yosaphat H.(2015). Sejarah Nasionalisme Dunia dan indonesia. Jurnal Pax Humana, 3(3), 22-35.
Oentoro, Jimmy., 2010, Indonesia Satu, Indonesia Beda, Indonesia Bisa: Membangun Bhineka Tunggal Ika di Bumi Nusantara, Jakarta: Kompas Gramedia.
Rachman M. dan Wijayanti, Tutik. (2019:165). Metodologi Penelitian Pendidikan Karakter dalam Pendekatan Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Campuran, Tindakan, dan Pengembangan. Semarang: LPPM UNNES.
Renan, Ernest. (1994). Apakah Bangsa Itu (terjemahan Sunario). Bandung: Alumni
Ricklefs, M C. (1995). Sejarah Indonesia Modem. Yogyakarta: UGM Press.
Rizal, A. (2022, June). Pemilukada Serentak 2024: Dinamika, Urgensi dan Tantangan. In Indonesian Annual Conference Series (pp. 136-140).
Santika et al, 2021 Aktualisasi Pancasila dalam Berbagai Dimensi Kehidupan. Penerbit Lakeisha.
Shofa, Abd Muid Aris, dkk, “Wanua Nusantara: Praktik Pembumian Nilai-Nilai Pancasila di Kalangan Generasi Muda,” Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial, pp. 1–5, 2019.
Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2011. Metode penelitian kuntitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuntitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukarno, Ir. (2015). Nasionalisme Islamisme Marxisme Pikiran-Pikiran Sukarno Muda. Bandung: Sega Arsy.
Suprobowati G.Gand A. Suryaningsih, “Penguatan Pancasila melalui Civic Literacy sebagai Ideologi Pemersatu Bangsa di Era Pandemi Covid-19,” Jurnal Majelis, vol. 4, pp. 211–229, 2020.
Tarigan, Erna Tutantri Br. (2017). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 1(1), 273-277.
Tome, Abdul Hamid “Membumikan Pancasila: Upaya Pelembagaan Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Masyarakat Desa,” Jurnal Al-‘Adl, vol. 13, no. 1, pp. 118–131, 2020.
Linggaraja, U.S. “Pembumian Nilai-nilai Luhur Pancasila, Keniscayaan dalam Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat dan Maju pada Masa dan Pasca Pandemi Covid-19,” Jurnal Pembumian Pancasila, vol. 1, no. 2, pp. 112–124, 2021.
Wahid, Abdurrahman. (2010). Membaca Sejarah Nusantara 25 Kolom Sejarah Gusdur.
Wijayanti, dkk. 2015. Implementasi Penilaian Kemampuan Berfikir Kritis Dan Karakter Demokratis Pada Materi Sistem Politik Indonesia Dengan Metode Pembelajaran Role Playing Berbasis Konservasi. Journal of Educational Research and Evaluation. Volume 4 No. 2.
Wiwoho, J and M. Kholil, “Pembumian Pancasila sebagai Bintang Penuntun Hukum di Indonesia,” Jurnal Majelis, vol. 4, pp. 163–187, 2020.
Wulandari, Azna Dewi and Dewi Dini Anggraeni, “Urgensi membumikan Pancasila bagi karakter penerus bangsa di era globalisasi,” Jurnal Pendidik. Tambusai, vol. 5, no. 1, pp. 926–930, 2021.
Yadi. (2017). Hubungan Antara Pemahaman Sejarah Nasional.
Yusuf, A.M. 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana
Refbacks
- There are currently no refbacks.