PENERAPAN SMART TOURISM DI KOTA SEMARANG
Abstract
Pengembangan pariwisata Kota Semarang saat ini sedang menghadapi tantangan yang cukup besar dengan berkembangnya teknologi informasi yang cukup pesat. Melalui teknologi informasi, wisatawan dapat mengakses dan memberikan informasi terkait dengan destinasi yang dituju dengan mudah. Artikel ini berdasarkan hasil penelitian yang bertujuan untuk mengekplorasi penerapan teknologi informasi dalam pariwisata atau yang dikenal dengan smart tourism di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara dan observasi aplikasi (apps), website dan sosial media yang terkait dengan smart tourism sebagai metode pengumpulan data. Penggunaan IT di Kota Semarang dalam pengembangan pariwisata dapat dilihat dari pengembangan aplikasi (apps) dan website yang dapat diakses oleh seluruh orang terutama para wisatawan. Selain itu, pemerintah Kota Semarang juga memanfaatkan teknologi seperti analytic CCTV dan penyediaan free wi-fi pada destinasi-destinasi tertentu yang dinilai strategis.
Kata kunci: Semarang, smart tourism, wisatawan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Ammirato, S., Felicetti, A. M., Della Gala, M., Raso, C., & Cozza, M. (2018). Smart Tourism Destinations: Can the Destination Management Organizations Exploit Benefits of the ICTs? Evidences from a Multiple Case Study. Paper presented at the Collaborative Networks of Cognitive Systems, Cham.
Bryman, A. (2012). Social research methods (4th ed.). New York: Oxford University Press.
Buhalis, D., & Amaranggana, A. (2013). Smart Tourism Destinations. Paper presented at the Information and Communication Technologies in Tourism 2014, Cham.
Femenia-Serra, F., & Neuhofer, B. (2018). Smart tourism experiences: Conceptualisation, key dimensions and research agenda. Investigaciones Regionales - Journal of Regional Research, 42, 129-150.
Femenia-Serra, F., Perles-Ribes, J. F., & Ivars-Baidal, J. A. (2019). Smart destinations and tech-savvy millennial tourists: hype versus reality. Tourism Review, 74(1), 63-81. doi:10.1108/TR-02-2018-0018
Gretzel, U. (2018). From smart destinations to smart tourism regions. Investigaciones Regionales - Journal of Regional Research, 2018, 171-184.
Gretzel, U., Sigala, M., Xiang, Z., & Koo, C. (2015). Smart tourism: foundations and developments. Electronic Markets, 25(3), 179-188. doi:10.1007/s12525-015-0196-8
Kvale, S., & Brinkmann, S. (2009). Interviews: Learning the craft of qualitative research interviewing (2nd ed.). Thousand Oaks: SAGE Publications.
Lamsfus, C., MartÃn Del Canto, D., Alzua-Sorzabal, A., & Torres-Manzanera, E. (2015). Smart Tourism Destinations: An Extended Conception of Smart Cities Focusing on Human Mobility (pp. 363-375).
Mehraliyev, F., Chan, I. C. C., Choi, Y., Koseoglu, M. A., & Law, R. (2020). A state-of-the-art review of smart tourism research. Journal of Travel & Tourism Marketing, 37(1), 78-91. doi:10.1080/10548408.2020.1712309
Tripathy, A. K., Tripathy, P. K., Ray, N. K., & Mohanty, S. P. (2018). iTour: The Future of Smart Tourism: An IoT Framework for the Independent Mobility of Tourists in Smart Cities. IEEE Consumer Electronics Magazine, 7(3), 32-37. doi:10.1109/MCE.2018.2797758
Xiang, Z., Tussyadiah, I., & Buhalis, D. (2015). Smart destinations: Foundations, analytics, and applications. Journal of Destination Marketing and Management, 4(3), 143-144. doi:10.1016/j.jdmm.2015.07.001
Refbacks
- There are currently no refbacks.