Deteksi Dini Loyalitas: Pelajaran Empiris dari Daerah Obyek Wisata Lawang Sewu Semarang
Abstract
The research aims to analyze the impact of service quality and satisfaction on tourist loyalty in the Lawang Sewu Tourism Area, Semarang. The sample taken in this research was carried out by a population of tourists who went on tour in the Lawang Sewu Tourism Object Area, Semarang, where the number is unknown. The sample was taken using purposive sampling and amounted to 100 people. The analysis method is multiple linear regression. The analysis method uses linear regression multiple regression. The results of the research show that service quality has an impact on tourist loyalty, the service quality provided by the management of the Lawang Sewu Tourist Attraction Area, Semarang City, with operational service speed so that the better the service quality, the more loyalty will result. Satisfaction has an impact on tourist loyalty. Satisfaction is given by the management of the Lawang Sewu Tourism Object Area, Semarang City, which is very comfortable, the better tourist satisfaction will increase tourist loyalty.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anthony, N. Robert & Govindarajan, Vijay. (2011). Sistem Pengendalian Manajemen. Jilid 2. Tanggerang: Karisma Publishing Group
Anggiant Parluhutan Tambunan (2018)” Analisis Pengaruh Trust (Kepercayaan) dan Kepuasan terhadap Loyalitas nasabah ( Studi Kasus pada sebuah Bank Daerah di Kota Medan )” Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX p-ISSN: 2622 - 5204 Volume 1 Nomor 1
Burhanuddin (2018) “ Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah pada Bank Sinarmas KK Duri Pulo Gambir Jakarta
Demanda, Festy Oktavin. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Di Throwback Coffee + Kitchen Cikarang Uri: Http://Repository.President.Ac.Id/Xmlui/Handle/123456789/592
Endarsari, Yunita. (2010), Analisis Pengaruh Harga, Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Bekas di UD. Citra Jaya Motor Sukoharjo. Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta
Farina Musdalifa Fakhruddin (2018) “ Analisis Pengaruh Kualitas pelayanan, Komitmen dan Trust (Kepercayaan) Nasabah Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) tbk area Makassar Raya” Hasanuddin Journal of Applied Business and EntrepreneurshipVol. 1 No. 4 Oktober 2018
Ghozali, Imam. (2016). “Aplikasi Analisis Multivarite Dengan Program IBM SPSS 23”. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang
Hair JR, Joseph F, William C. Black, Barry J. Babin, (2010). Multivariate Data Analysis (7th Edition) 7th Edition. : Prentice Hall.
Haryeni (2017) “Kualitas Pelayanan, Trust (Kepercayaan) dan kepuasan Nasabah dan Pengaruhnya terhadap Loyalitas Nasabah pada Tabungan Bank Rakyat Indonesia (Persero) TBK Kantor Cabang Khatib Sulaiman “ Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas Volume 19 2
Heri Setiawan (2016) “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Trust (Kepercayaan) Terhadap Kepuasan Nasabah dan Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening” ( Studi Kasus Pada Nasabah Koperasi Rejo Agung Sukses Cabang Ngaliyan )´ Journal Of Management, Volume 2 No.2 Maret 2016
Heru Aulia Azman, Nesie Noprilisa ,Habibah (2016) “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening pada Bank Nagari Cabang Utama Padang” Menara Ilmu Vol, X Jilid 2 No. 73
I Gede Yogi Pramana (2016) “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Trust (Kepercayaan) Nasabah dan Loyalitas Nasabah Veteran Denpasar Bali “EJurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No.1, 2016: 706-733
Inka Janita Sembiring, Suharyono (2014) “Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelqayanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan”(Studi pada pelanggan McDonald’s MT. Haryono Malang)” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 15 No. 1
Kotler, Philip and Keller (2013), “Manajemen Pemasaran”, jilid 1, Edisi 13, Erlangga.
Muchlisin (2016). “Pengertian dan Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen”
Robby Dharma (2017) “ Pengaruh Kualitas Pelayanan, Trust (Kepercayaan), Dan Kepuasan terhadap loyalitas Pelanggan pada PT. Padang Tour Wisata Pulau Padang” Jurnal EKOBISTEK Fakultas Ekonomi , Vol. 6, No. 2, Oktober 2017, Hal 349-359
Steven Darwin dan Yohanes Sondang Kunto (2014) “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan dan Trust (Kepercayaan) Pelanggan sebagai Variabel Intervening pada Asuransi Jiwa Manulife Indonesia- Surabaya” Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, Vol 2, No, 1
Heri Setiawan (2016) “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Trust (Kepercayaan) Terhadap Kepuasan Nasabah dan Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening” ( Studi Kasus Pada Nasabah Koperasi Rejo Agung Sukses Cabang Ngaliyan )´ Journal Of Management, Volume 2 No.2 Maret 2016
Kotler, Philip & Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi. 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Lupiyoadi. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi, Penerbit. Salemba Empat,Jakarta
Purnawati, L., Ernawati & Susanti. R. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Harga Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan. 16(3) : 380- 386
Santoso, Aprih & Widowati, Sri Yuni. (2011), Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian, Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 1(2) : 179 – 190
Schiffman & Kanuk. (2009). Perilaku Konsumen Edisi 7. Jakarta: Indeks
Slovin, M.J., 1960. Sampling, Simon and Schuster Inc. New York.
Swastha, BD. (2014). Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Tjiptono, Chandra (2013), “Pemasaran Strategik” Yogyakarta
Tjiptono, F. (2016). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2, Yogyakarta: Andi
Zeithaml, V.A., M.J. Bitner, D.D. Gremler. (2013). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm. 6th. ed. Mc. Graw-Hill. Boston
Refbacks
- There are currently no refbacks.