Memantik Keputusan Pembelian Ulang Jasa Wisata dan Faktor Pengaruhnya (Studi kasus Wisatawan Di Kebun Binatang Mangkang Semarang)

Rina Mukti Rahayu

Abstract

The research objective is to analyze the impact of ticket prices and service quality on the decision to repurchase tourism services at the Mangkang Zoo, Semarang. This research uses IBM SPSS version 25 regression analysis. Accidental sampling technique was used to take a sample of 100 respondents. The results of this research show that ticket prices and service quality have a positive and significant effect on the decision to repurchase tourism services at the Mangkang Zoo, Semarang. This study can be used as reference material for managers of the Mangkang Zoo in Semarang to design and establish effective and efficient marketing policies. The results of this study also contribute to the development of knowledge and input for the Mangkang Zoo in Semarang to focus more on developing the performance facilities of the Mangkang Zoo in Semarang

Full Text:

PDF

References

Basith, A., & Fadhilah, F. 2019. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk pada McDonald’s di Jatiasih Bekasi. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 9(3), 192–203. https://doi.org/10.29244/jmo.v9i3.28224

Fahira, P. N., Nst, A. A., & Pratami, A. 2023. Pengaruh Label Halal Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Cepat Saji Di Mc Donald Sisingamangaraja Medan. MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah, 4(1), 22–30. https://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2138%0Ahttps://repository.uisu.ac.id/bitstream/123456789/2138/3/Chapter I%2CII.pdf

Fauziah, N., & Muhamad, L. F. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Restoran Cepat Saji Pizza Hut Grand Wisata. DEVELOP : Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(2), 99–113. https://doi.org/10.53990/develop.v3i2.113

Febriansyah, & Triputra, G. 2021. Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Ulang dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening. Jurnal Bisnis Darmajaya, 7(1), 70–88. https://doi.org/10.30873/jbd.v7i1.2618

Hadita. 2019. Promosi Dan Harga pada Kepuasan Pelanggan Restoran Fast Food. Ekspektra: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 25–38. https://doi.org/10.25139/ekt.v3i1.1431

Herdianto, M. S., & Indayani, L. 2022. Pengaruh Digital Marketing, Store Atmosphere, dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian di Informa Suncity Sidoarjo. Innovative Technologica: Methodical Research Journal, 1(3), 1–18.

Hurriyati, R. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Ikbari, S. S., Arsikoh, A., & Mardani, Y. 2022. Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mcdonald’s Pondok Cabe. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(4), 424–432. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v1i4.1154

Karnata, I. N. P., & Putra, K. E. S. 2023. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian McDonalds Singaraja. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 216–225.

Kumesan, B. Y., Wenas, R. S., & Poluan, J. G. 2021. Analisis Pengaruh Diferensiasi Produk, Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Niat Beli Konsumen Di Restoran Cepat Saji Richeese Factory Bahu Mall Manado. EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(4), 1187–1197. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/37304

Masrul, & Karneli, O. 2017. Pengaruh Store Atmosphere dan Store Location Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen Produk Texas Chicken Plaza Citra Pekanbaru. Jom Fisip, 4(2), 1–11.

Muhyidin, M. F., & Santoso, R. P. 2023. Dimensi Store Atmosphere Pada Keputusan Pembelian Konsumen Rumah Makan Tahta Makarim Jombang. BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 6(1), 117–125. https://doi.org/10.33752/bima.v6i1.5315

Mulyana, S. 2021. Pengaruh Harga Dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online Pada Shopee Di Pekanbaru. 7(2). 185-195 DOI: https://doi.org/10.35446/dayasaing.v7i2.665

Nizar, N., Silalahi, M., Sofiyan, & Sinaga, O. S. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Fast Food Indonesia, Tbk KFC Box Ramayana Pematangsiantar. SULTANIST: Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(2), 43–52. https://doi.org/10.37403/sultanist.v7i2.153

Noviherni, & Asean, I. V. 2019. Store Atmosphere dan Keragaman Produk: Efeknya Terhadap Keputusan Pembelian Richeese Factory Di Wilayah Jakarta Pusat. Jurnal Manajemen Dan Perbankan, 6(2), 1–10.

Nurhayati, I., & Nainggolan, B. M. 2023. Pengaruh Suasana dan Persepsi Harga dalam meningkatkan Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian di Pomelo Cafe & Resto Kuningan. EduTurisma: An International Journal of Tourism and Education, 7(2), 1–14.

Pratiwi, A., Junaedi, D. & Prasetyo, A. 2019. Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen: Studi Kasus 212 Mart Cikaret. El-Mal : Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Islam . 2(2). 150-159

Rayuwati, Yustisar, M., Gemasih, H., & Eliyin. 2022. The Influence of Price, Store Atmosphere and Food Product Quality on Buying Interest at Tootor Coffee Takengon. International Journal of Science, Technology & Management, 3(4), 1129–1143. https://doi.org/10.46729/ijstm.v3i4.580

Saputra, J., & Parameswari, R. 2022. Pengaruh Harga, Store Atmosphere Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kopi Chuseyo. Prosiding: Ekonomi Dan Bisnis , 2(2), 1–10.

Satrya, M. A. R., & Telagawathi, N. L. W. S. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan KFC. Bisma: Jurnal Manajemen, 7(2), 236–245. https://doi.org/10.23887/bjm.v7i2.32134

Sugiharto, A., & Anggraini, D. 2022. Pengaruh Store Atmosphere, Promosi Dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pizza Hut Area Jakarta Barat. JEB17 : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 7(02), 143–162. https://doi.org/10.30996/jeb17.v7i02.7364

Suryani, T. 2008. Perilaku Konsumen: Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Susilo, T. D., & Rizqi, F. A. 2023. Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Memilih Restoran Fastfood Menurut Harga, Kualitas Produk, Promosi, dan Citra Merk (Studi Kasus Pada Konsumen Restaurant Fastfood KFC). Journal of Economics, Management, Business, and Entrepreneurship, 1(2), 73–80. https://doi.org/10.31537/jembe.v2i2.1557

Wardani, A., Hartono, S., & Kustiyah, E. 2020. Keputusan Pembelian Ulang Melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening Ditinjau Dari Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Pada Pasar Triwindu Surakarta. Edunomika, 4(1), 191–199. https://doi.org/10.29040/jie.v4i01.825

Winmarsyah, A. G., & Fuadati, S. R. 2017. Pengaruh Harga, Lokasi, Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Lonsumen Garlick Store Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(8), 1–15.

Yolanda, & Rahmidani, R. 2020. Pengaruh Store Atmosphere dan Service Quality Terhadap Revisit Intention Konsumen Pada Golden Cafe dan Resto. Jurnal Ecogen, 3(4), 584–597. https://doi.org/10.24036/jmpe.v3i4.10507

Refbacks

  • There are currently no refbacks.