Konsep MICEHEL pada Strategi Pengembangan Pariwisata di Kota Semarang
Abstract
Aktivitas pariwisata selalu berkembang mengikuti perubahan gaya hidup masyarakat, yang kemudian berdampak pada perubahan ketertarikan pada konsep wisata dan menghilir pada perputaran ekonomi suatu daerah. Kota Semarang dengan pariwisatanya yang menjadi unggulan di Provinsi Jawa Tengah telah menerapkan konsep MICE (Meeting, Incentive, Convention & Exhibition) sebagai jenis utama pariwisatanya. Pengembangan MICE kemudian berdampak pada sektor-sektor lain yang juga menjadi urusan pemerintahan wajib seperti pendidikan, kesehatan, dan penataan ruang. Metode yang digunakan adalah pengambilan sumber data primer dan pengolahan data sekunder, yang kemudian dianalisis menggunakan metode SWOT untuk menghasilkan rekomendasi kebijakan berupa penerapan konsep MICE-HEL (Health, Education, Lifestyle) di Kota Semarang
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.