PEMETAAN INDIKATOR KINERJA SEKTOR PARIWISATA DALAM MENDORONG PERTUMBUHAN EKONOMI KOTA SEMARANG

Artiningsih Artiningsih, Wiwandari Handayani, Devi Rahma Jayanti

Abstract

Pariwisata merupakan sektor strategis yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.
Pariwisata diharapkan mampu mengikutsertakan berbagai sektor pendukung lain.
Kemampuan pariwisata tidak terbatas dalam menggerakkan laju produksi dan
konsumsi melainkan juga mendukung iklim investasi. Namun demikian, pengukuran
kontribusi pariwisata sebagai sektor tersier terhadap pertumbuhan ekonomi Kota
Semarang masih memiliki kendala. Hal ini terjadi karena kinerja pariwisata
mencakup indikator pengukuran di sektor formal dan informal, sehingga kinerja
pariwisata terhadap laju pertumbuhan ekonomi (LPE) di Kota Semarang tidak
diperoleh secara langsung. Artikel ini bertujuan untuk memetakan indikator kinerja
sektor pariwisata dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Kota Semarang.
Metode yang digunakan mencakup pemetaan program terkait empat sasaran bidang
ekonomi yang termuat di dalam Rancangan Teknokratis RPJMD Kota Semarang
Tahun 2021-2025 dengan mempertimbangkan berbagai variabel penentu dari
literatur dan peraturan perundangan terkait bidang ekonomi. Hasil dari pemetaan
menunjukkan bahwa ekonomi kreatif dapat menjembatani urusan pertanian,
perikanan, perindustrian dan perdagangan sehingga mampu mendukung kinerja
pariwisata. Kinerja setiap urusan tidak hanya dilihat dari produktivitasnya saja
melainkan juga perannya dalam menjadi input ekonomi kreatif. Oleh karenanya
pariwisata diharapkan menjadi lokomotif pendorong pengembangan sektor lain
sebagai sektor pendukung dalam mencapai LPE di Kota Semarang.

Full Text:

PDF

References

Adam, D. (2012). The Urban Resilience - Economic

Perspective. Journal of Economics & Management,

(January 2012).

Febriantoro, W. (2018). Kajian Dan Strategi

Pendukung Perkembangan E-Commerce Bagi

Umkm Di Indonesia. Jurnal MANAJERIAL, 17(2),

Galperina, L. P., Girenko, A. T., & Mazurenko, V. P.

(2016). The concept of smart economy as the

basis for sustainable development of Ukraine.

International Journal of Economics and Financial

Issues, 6(8Special Issue), 307–314.

Hartley, J., Potts, J., Cunningham, S., Flew, T., Keane,

M., & Banks, J. (2017). Information Economy. In

United Nation (Issue March).

Makmun. (2016). Green Economy: Konsep,

Implementasi, dan Peranan Kementrian

Keuangan. In Jurnal Ekonomi dan Pembangunan

(Vol. 19, Issue 2, pp. 1–15).

Nanehkaran, Y. A. (2013). An Introduction to

Electronic Commerce. International Journal o

Scientiic & Technology Research, 2(4), 69–87.

Page, S. J., & Connell, J. (2020). Urban tourism.

Tourism, January 2012, 443–465.

UNEP, & Our Planet. (2010). Green Economy: Making

it Work. Our Planet, February.

United Nations. (2007). Indicators of Sustainable

Development : Guidelines and Methodologies.

In New York (Issue October).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.